MIS AL-IKHLASIAH

KANTOR SEKRETARIAT : YAYASAN MADRASAH AL IKHLASIAH - TINGKAT : MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) - JL. BEO INDAH NO. 13 - KEL. SEI SIKAMBING B - KEC. MEDAN SUNGGAL - KOTA MEDAN - KODEPOS 20122 - PROVINSI SUMATERA UTARA - PHONE : 061.8455401 - HP : 081396455085 - 081260606024 - Email : mis.alikhlasiah@gmail.com - mis.ikhlasiah@yahoo.co.id - Website : misikhlasiahmedan.blogspot.com

Sabtu, 23 Mei 2015

6 Situs Jejaring PDSP KEMENDIKBUD | Wajib Diketahui Madrasah



Sahabat Madrasah,
Dunia pendidikan khususnya di lingkungan Kementerian Agama yaitu madrasah setidaknya harus menganggap penting dan untuk diketahui beberapa situs yang dikelola oleh PDSP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan yang mengamanatkan kepada Kepala Pusat  Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) untuk merancang basis data pendidikan yang relasional.

Berikut 6 Situs Jejaring  PDSP yang penting untuk diketahui Madrasah :
  1. Situs Data Referensi Pendidikan ; menjadi sumber satu-satunya Data Pendidikan Nasional
  2. Situs Data Master Referensi Satuan Pendidikan ; sebagai kunci dalam sistem integrasi pengelolaan database, mensinkronkan hasil pendataan dan hasil transaksi.
  3. Situs Jaringan Pengelola Data Pendidikan  ; bertujuan untuk memastikan data pendidikan dapat terkelola dengan baik dan optimal sebagai upaya memastikan bahwa seluruh warga negara dapat terlayani dengan baik, profesional dan transparan.
  4. Situs Data Master Referensi Peserta Didik ; bertujuan untuk memadanan peserta didik yang terdapat di data pokok pendidikan (DAPODIK) di masing-masing unit sehingga satu peserta didik hanya memiliki satu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  5. Situs Data Master Referensi PTK ; bertujuan untuk membersihkan data PTK yang belum sesuai akibat kesamaan data atau sudah tidak aktif. Kewenangan untuk melakukan verifikasi dan validasi data PTK diberikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  6. Situs Data Master Referensi Wilayah ; bertujuan untuk pembangunan sistem data  pendidikan yang terintegrasi dari berbagai daerah menurut wilayah.
Sahabat Madrasah,

Mengapa penting ???????

==> Situs-situs tersebut merupakan sumber data pendidikan nasional yang artinya ini semua berlaku untuk seluruh satuan pendidikan baik di bawah naunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama. Banyak hal yang memang belum tersentuh oleh Kementerian Agama terkait hal-hal berikut :
  • Penerbitan Nomor Pokok Sekolah Nasional  (NPSN)
  • Penerbitan Nomor Registrasi Guru (NRG), dan
  • Penerbitan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
Semoga bermanfaat.

Sumber :

By :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar